Selasa, 08 Oktober 2013

PENGERTIAN DAN FUNGSI BISNIS TI

Pengertian bisnis
Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan  suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan

Pengertian informatika
Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. 

Pengertian Bisnis Informatika
Jadi bisnis informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang  yang memiliki nilai (value) dengan cara menjual barang dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh keuntungan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi seperti internet.

Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
-Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
-Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran

Contoh Bisnis Informatika
Salah satu contoh bisnis informatika yaitu E-commerce. E-Commerce adalah perdagangan yang menggunakan bantuan jaringan internet. Keuntungan dengan adanya e-commerce  yaitu menghemat waktu karena tidak perlu pergi ke toko barang yang diinginkan. Selain itu menghemat baiaya promosi dan pemasaran, karena promosi lewat web site akan sangat murah dan konsumen dapat melihat profil perusahaan dari mana saja diseluruh dunia.

Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian yaitu :
a. Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar.
b. Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
c. Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. 

Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar